Mar 30, 2011

Liburan...siapa takut!!



Liburan adalah saat yang dinantikan oleh hampir semua orang.
Untuk dapat menikmati liburan yang berkesan, biasanya kita mempersiapkan dari jauh-jauh hari, mulai dari tiket pesawat, hotel, dan lain sebagainya. Termasuk budget untuk liburan tersebut. Karena tiap tahun rasanya harga tiket dan hotel makin meningkat.

Hanya saja sekarang ini banyak sekali digembar gemborkan promosi tiket murah oleh airline tertentu. Dengan catatan untuk mendapatkan tiket pesawat maupun kamar hotel dengan harga murah itu kita harus memesannya jauh sebelum tanggal keberangkatan. Misalnya AIRASIA, AIRASIAGO
Untuk itu kita harus jeli dan rajin membuka website airline tersebut untuk bisa mendapatkan harga promosi.

Tapi tidak semua airline menerapkan hal seperti itu. Kebanyakan malah membuka harga mahal dulu, nanti jika sudah mendekati tanggal keberangkatan barulah harga murah nya dikeluarkan. Entah apa sebabnya. Misalnya: Lion Air, Mandala Airlines (sebelum ijin operasionalnya dicabut)..

Saya sendiri pernah beberapa kali mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah hingga super murah.

Pernah pada waktu akan liburan lebaran, hingga kurang seminggu saya masih belum memiliki rencana apapun. Dan pada saat kurang 3 hari, saya iseng-iseng membuka website Lion Air untuk melihat harga rute Surabaya-Jakarta p.p untuk periode lebaran. Dan ternyata ada harga yang untuk periode “high season” termasuk murah. Yaitu sekitar 300 ribu rupiah sekali jalan. Langsung saya menghubungi agen travel langganan saya untuk melakukan reservasi dan pembelian tiket tersebut. (biasanya untuk periode lebaran harga tiket Surabaya-Jakarta adalah mulai 500ribuan sekali jalan, bandingkan juga harga tiket kereta api kelas eksekutif yang berkisar diharga 300-400ribuan)

Hal tersebut terulang lagi pada saat akhir tahun. Saya berencana untuk ke Jakarta pada tanggal 30Desember. Tetapi seperti kejadian yang sebelumnya, saya bermodalkan cara iseng-iseng melihat harga tiket. Mulai dari awal bulan, saya minta tolong agen travel saya untuk melakukan reservasi. Tapi harganya mahal sekali. Sekali jalan mencapai harga 500ribuan. Karena saya memiliki pengalaman bahwa semakin mepet waktunya semakin murah harga yang diberikan, maka saya menunggu sampai saat terakhir. Dan kejadian yang sama terulang. Pada tanggal 29 Desember, sekali lagi saya bisa mendapatkan tiket pesawat ke Jakarta seharga 300ribu rupiah sekali jalan.

Yang lebih mencengangkan lagi, pas lebaran tahun lalu. Pada waktu itu Mandala Airlines masih beroperasi.
Tepat kurang 4hari sebelum tanggal keberangkatan yang saya rencanakan, tiba-tiba muncul di website Mandala Air harga tiket pulang pergi Surabaya-Jakarta hanya 300ribu.
Suatu kejutan yang sangat menyenangkan sekali.

Sayang sekali sekarang Mandala Airlines sudah tidak beroperasi lagi.
Tepat dua hari sebelum ijin operasional Mandala Air dicabut, saya sempat membeli tiket secara online dengan rute Surabaya-Jakarta pulang pergi. Seharga 180ribuan. Tapi belum sempat saya berangkat, ijin nya dicabut. Sungguh mengecewakan.


Untuk penerbangan dengan memesan tiket dari jauh hari pun pernah saya lakukan juga. Naik Air Asia rute Surabaya Jakarta pulang pergi (sebelum rute ini ditutup) hanya dengan harga 42ribu rupiah saja.
Lebih murah dari biaya airport tax dan biaya taxi dari rumah saya ke airport.
Juga rute Surabaya-Medan pulang pergi hanya 150ribuan.

Biasanya berita promosi untuk Air Asia ini dimuat di koran, Facebook, dan bahkan dikirim melalui email.

Sebenarnya saya ingin sekali bisa menikmati penerbangan ke luar negeri dengan harga super murah. Namun karena keterbatasan waktu maka masih belum ada momen dan kesempatan yang tepat.

Secara singkat, ada banyak cara untuk bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah.
Ayo mumpung waktu liburan masih jauh, manfaatkan kesempatan untuk memperoleh tiket pesawat dengan harga murah. Siapa cepat dia dapat.
Atau tirulah cara saya. Semakin mepet waktunya semakin murah harga tiket yang diberikan (cara ini bisa diterapkan jika keberangkatan tersebut bukan merupakan suatu keharusan. Jadi berangkat hanya jika mendapat tiket murah)

SELAMAT BERBURU TIKET MURAH

No comments:

Post a Comment